Manfaat tidak tidur setelah Subuh

Tidak diragukan lagi, setiap kali bangun awal untuk sholat subuh, sangat dianjurkan untuk tidak tidur kembali. Beberapa orang dengan alasan masih kekurangan tidu, lebih suka melanjutkan tidur yang terasa 'terganggu'. Namun apakah manfaatnya  tidak tidur setelah bangun subuh? Mengapa sangat dianjurkan untuk tidak tidur? Berikut beberapa kemanfaatan tidak tidur setelah subuh.
Memperoleh Rezeki & Barokah dari Allah
Pagi hari disaat matahari belum terbit, ialah disaat di mana para Malaikat turun ke bumi menyebarkan rezeki pada umat manusia di dunia. Maka bagi umat yg tidur di dikala subuh tersebut, sehingga perihal tersebut dapat menghalanginya buat meraih rezeki & keberkahan dari Allah.
Sebuah hadits; Rasulullah Shallallahu’ alahi wassallam berdo’a: 
"Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya”. (HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahih At-Targhiib waTarhiib no, 1693). 
Dalam hadits yang lain juga disebutkan, “Rasulullaah bersabda, Diberikan barakah kepada umatku di pagi harinya” (HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Al-albani dalam Shahih Jami’ush Shaghir no. 2841).

Tubuh Terasa Lebih Segar
Terhadap kala pagi hri, terutama di dikala fajar sebelum matahari terbit, menaruh suatu energi positif yg teramat bagus utk kesehatan & kesegaran badan. Hawa sejuk yg masihlah segar & bersih, bakal amat sangat baik utk kita hirup & masuk dalam paru-paru kita. Terhadap pagi hri, keadaan pagi amat tenang & nyaman, maka sanggup menjadikan kita lebih rileks & nyaman waktu mempersiapkan diri dalam menjalani aktifitas seharian nantinya.

Menghindarkan Efek Negatif Begadang
Kalau kita mau berikhtiar & merutinkan buat masih terjaga sesudah diwaktu subuh atau diwaktu fajar, sehingga automatis kita bakal mengurangi dikala begadang kita di tengah malam hri. Dikarenakan seandainya kita terlampaui tidak jarang begadang, sehingga keesokan harinya dapat memacu kita utk jadi lebih gampang ngantuk. Nah, begadang di tengah malam hri sendiri nyatanya mempunyai dampak negatif yg banyak sekali, terutama dampak jelek bagi kesehatan badan kita.
Begadang mampu menciptakan kerja organ-organ badan kita jadi terganggu & tak maksimal, bisa memicu kita jadi lebih gampang ngantuk maka aktifitas di siang hri terganggu, & serta mampu mambuat emosi kita jadi lebih labil, lebih langsung emosi, beram, & stres. Maka, disaat kita mengurangi saat begadang di tengah malam hri, sehingga kita dapat lebih aman terhindar dari efek-efek negatif tersebut.
Supaya kita terhindar dari kala begadang di tengah malam hri, kita mesti membiasakan diri buat berkomitmen bangun & masihlah terjaga utk tak tidur terhadap ketika sesudah shalat subuh, kala diwaktu fajar.

4. Menciptakan Produktivitas Kita Lebih Meningkat

Dgn merutinkan diri buat masih terjaga atau tak tidur sesudah saat subuh (di ketika fajar), dapat meningkatkan semangat & kesehatan badan kita. hal itu pastinya bakal berbanding lurus dgn resiko positif bagi produktivitas kerja kita. Dalam menjalani kegiatan seharian penuh, kita membutuhkan stamina & semangat produktivitas tinggi, biar hasil tugas atau kegiatan kita jadi maksimal & memuaskan. Nah, di diwaktu subuh atau fajar itulah, ialah disaat yg teramat serasi utk sebanyak-banyaknya mempersiapkan diri & badan kita dalam meningkatkan produktivitas kerja seharian kelak.

Penelitian yg dilakukan oleh Dr.Alexander Bruce dari Jerman, membuahkan suatu temuan bahwa kepada kala subuh atau diwaktu fajar, apabila kita menghirup nafas yg panjang, kecepatan aliran darah menuju otak pun bakal bertambah, sehingga otak bakal meraih darah yg tajir oksigen, dalam dalam tempo yg lebih serta-merta. Maka otak serta lebih serentak bekerja atau merespon seandainya diajak buat berpikir. Aristoteles serta mengemukakan bahwa rutinitas bangun subuh sanggup menciptakan kita jadi lebih sehat, sejahtera & bijaksana. Itulah empat manfaat yg dapat kita temukan kalau kita terus menjaga diri utk terjaga atau tak tidur sesudah sholat subuh di ketika fajar. Mudah-mudahan jadi motivasi bagi kita selalu untuk jalankan amalan kebaikan serasi dgn tuntunan Rasulullaah SAW.