Pempek palembang

Mudah ditebak Pempek Palembang sesuai dengan namanya merupakan makanan khas Sumatera Selatan (Palembang). Walaupun sesungguhnya Sumatera Selatan tidak identik dengan Palembang, namun posisi sebagai ibukota propinsi menjadikan Palembang identik dengan Sumatera Selatan, seperti identiknya Pempek dengan Palembang. Walaupun mungkin ada makanan sejenis yang juga menjadi ciri khas kota lain di wilayah Sumatera Selatan.


Penyajian pempek palembang yang berbahan dasar sagu dan ikan, selalu ditemani dengan semangkuk kuah pedas berbahan dasar cuka dan gula berwarna coklat kehitaman yang disebut dengan cuko/cuka. Tentu masih dapat dilengkapi dengan bahan makanan lain dan/atau sayuran sesuai selera masing-masing.
Berdasarkan catatatan sejarah, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.
Sesuai dengan perkembangan penggunaan internet, maka pempek pun seperti halnya komoditas atau jasa lain menjadi barang yang diperjualbelikan secara online. Semua orang yang memiliki akses interjet dapat belanja online pempek di berbagai toko online. Termasuk di toko online GaleriPos