Daun pisang dan manfaatnya

aneka manfaat daun pisang
Pisang adalah buah yang sudah dikenal sejak lama. Pohon semusim yang hanya dapat tumbuh di daerah tropis ini hampir seluruh bagian tumbuhannya dapat dimanfaatkan. Benar-benar mudah un;tuk ditanam. Secara alami bahkan dapat tumbuh liar di berbagai kondisi tanah dengan tetap menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Namun tidak hanya buahnya, daunnya pun memiliki banyak manfaat yang sebenarnya sudah lama dikenal. beberapa diantaranya adalah;

  • Bahan pembungkus makanan. Selain sebagai pelindung juga dapat memberikan tambahan aroma bagi makann yang dibungkusnya.
  • Penghilang demam. Daun pisang dimanfaatkan sebagai alat kompres untuk menyerap panas dari tubuh akibat infeksi penyakit.
  • Bahan pelengkap upacara adat.  Daun pisang biasanya dijadikan alas untuk bahan sesaji yang akan dipersembahkan dan terkadang juga juga digunakan sebagai penutup. Kadang-kadang daun pisang ini baik dalam keadaan kering maupun basah dapat digunakan sebagai pakaian darurat atau pakaian khusus untuk upacara.
  • Sebagairamuan obat luka dan ketombe. Ternyata daun pisang bukan hanya dapat menyembuhkan luka, namun ternyata juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit seperti ketombe, sengatan matahari, dan eksim. Untuk membuat ramuan obat daun pisang ini, Anda hanya perlu membuat jus sari daun pisang segar dan gunakan secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut.
  • Sebagai obat penetralisir racun serangga. Mungkin Anda sering tergigit oleh serangga kecil yang beracun seperti lebah dan laba-laba. Dalam hal ini, ramuan daun pisang dapat digunakan sebagai obat untuk menetralisir racun-racun tersebut.
  • Sebagai obat kecantikan kulit. Daun pisang mengandung bahan aktif allantolin yang dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi di daun pisang ini bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, hinga membunuh kuman.
  • Sebagai obat radang dan iritasi alami. Hal ini biasa terjadi pada kulit bayi yang sangat sensitif. Untuk mengatasinya, daun pisang yang dihaluskan adalah pilihan salep alami yang efektif.
Tentu basih banyak kegunaan lain dari daun pisang. Masing-masing daerah karena telah lama mengenal dan memanfaatkan daun pisang.